5 Cara Mempercepat Kinerja Komputer / Laptop

Kalian pasti pernah merasakan kesal, jika komputer yang biasa kalian gunakan baik di kantor ataupun di rumah tiba-tiba kinerjanya sangat lambat (lemot). Tentu saja kita akan merasa jengkel, karena akan mengganggu pekerjaan kita yang harusnya dapat dikerjakan tepat waktu tetapi malah tertunda. 

Kinerja komputer menjadi lambat bisanya disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah temporary file, cache komputer yang terlalu banyak dan bisa juga disebabkan oleh serangan virus, untuk virus ini yang paling sering terjadi pada komputer. Nah untuk mengantisipasi itu semua anda perlu untuk melakukan optimalisasi komputer anda.

Mengoptimalkan Kinerja Komputer  atau Laptop, biasa saya lakukan ketika selesai install ulang windows karena setiap habis install ulang semua settingan Komputer / Laptop adalah default atau standar maka dari itu mengoptimalkan kinerja computer adalah kuncinya. 

Khususnya pada Windows 7 atau 8 bukan pekerjaan yang gampang untuk mengoptimalkan komputer  karena memang ada banyak sekali aplikasi yang memang sengaja dibikin untuk Mengoptimalkan maupun Meningkatkan Kinerja dari sebuah Komputer. Selain dari aplikasi, kita pun juga bisa mempercepat kinerja komputer / laptop langsung dari Windows tersebut, atau, langsung mengotak-atik sistem / settingan di Windows dan sistem.

Kali ini akan saya tunjukkan beberapa cara untuk Mengoptimalkan Kinerja Komputer / Laptop yang paling sering saya lakukan, oke langsung saja kita mulai.


1. Mematikan Program Startup

Menonaktifkan program Startup itu penting, karena saat kita menginstall sebuah program, terkadang program tersebut secara otomatis akan 'menjalankan dirinya' sesaat setelah booting meskipun kita tidak membukanya, contoh program yang saya maksud adalah asus live update!. Untuk itu penting bagi kita menonaktifkannya agar tidak secara otomatis berjalan.

Startup ini juga bisa memperlambat proses booting windows, biasanya disebabkan karena banyaknya aplikasi yang dimuat saat proses startup ketika booting. Karena itu, sangat disarankan untuk mengurangi jumlah aplikasi yang dimuat pada proses startup ini.

Caranya pun sangat mudah
Tekan Start Menu pilih All-Programs, cari folder Startup setelah ketemu delete semua programnya.


Atau tekan Windows + R ketik msconfig, maka akan tampil jendela baru kemudian pilih start up, dan pilih program yang akan di disable lalu ok.


Setelah  menerapkan cara diatas RAM di Komputer atau Laptop menjadi sedikit lebih lega, dan tentunya kinerja laptop juga akan menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

2. Menonaktifkan Visual Efek

Visual Efek atau Animasi yang menghiasi Windows merupakan sebuah program yang membutuhkan RAM untuk menjalankannya. Ini tentu sangat memberatkan kinerja Komputer atau Laptop apalagi jika RAM komputer kita pas-pasan, karena bukan hanya memakan banyak RAM juga membuat processor bekerja lebih keras. 

Dan cara menonaktifkannya adalah sebagai berikut.
Tekan Tombol Windows + Pause Break, bersamaan kemudian pilih Advanced System Settings seperti gambar dibawah ini.

Lalu pilih pada bagian Menu Advanced, dan pilih Perfomance Setting maka kan tampil seperti gambar dibawah ini.
Settingan pada laptop saya seperti pada gambar di atas, dan tidak semua saya hilangkan cawangnya agar tampilan desktop tidak terlalu standar.

3. Mengedit Regedit
Disini kita akan mengubah Angka pada Menu Show Delay, untuk mengurangi Efek yang saya rasa tidak terlalu perlu untuk dijalankan, baik langsung saja anda ikuti caranya seperti dibawah ini.
1. Tekan Windows + R pada keyboard
2. Ketik Regedit lalu OK
3. Masuk ke > HKEY_CURRENT_USER > Control Panel > Desktop
4. Pilih MenuShowDelay
5. Pilih Modify dan ubah value data dari 400 menjadi 0

Lebih jelasnya silahkan perhatikan screenshot dibawah ini. 

Langkah selanjutnya tinggal Anda restart untuk mengaplikasikan settingan tersebut.

4. Melakukan Disk Clean Up

Disk Clean Up merupakan aplikasi bawaan Windows yang berfungsi untuk membersihkan file-file yang sudah tidak digunakan lagi, dan langkah-langkahnya seperti dibawah ini.

Tekan Windows + E lalu klik kanan pilih Properties pada Local Disk C Klik kanan Disc C lalu pilih Properti dan klik Disc Cleanup.



Selanjutnya tinggal anda tunggu proses Disc Cleanup sampai selesai.
Setelah proses selesai, silahkan anda rasakan perbedaanya saat mengakses folder-folder, dijamin akan sedikit lebih cepat.

5. Melakukan Disk Defragment

Disk Defragment merupakan sebuah program untuk merapihkan tata letak data di dalam harddisk, setelah tertata rapih maka efeknya adalah kecepatan dalam mencari sebuah data lebih efisien dan mudah karena tidak berpencar lagi. 

Fungsi Defragment adalah untuk menata file-file harddisk berdasarkan jenis file / data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read / write. Maka, beban kerja laptop akan lebih ringan yang akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk.

Untuk caranya mudah saja,
Tekan Start Menu kemudian Pilih All Programs lalu pilih Acessories pilih System Tools dan pilih Disk Defragment. Maka akan tampil seperti pada gambar dibawah ini

Pilih Defragment Disk dan tunggu beberapa saat sampai selesai.
Oke, itulah cara untuk mengoptimalkan kinerja komputer semoga bermanfaat, jika ada yang ditanyakan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar.

Sekian dulu, Wassalamu'alaikum Wr. Wb..


Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "5 Cara Mempercepat Kinerja Komputer / Laptop"

  1. Sangat bermanfaat, terima kasih ilmunya gan.

    BalasHapus
  2. saya justru dengan cara men nonaktifkan fitur visual efek agara ringan kinerja comp saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan karena untuk visual membutuhkan ram yang tidak sedikit

      Hapus
  3. sebelum nya belum pernah tau kaya gini gan thanks infonya ya

    BalasHapus
  4. Mantap gan. dan sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  5. Ini nih cara yang sering saya lakuin agar laptop tidak lemot hehe

    BalasHapus
  6. lumayan gan, thanks infonya
    nice

    BalasHapus

Jangan buang-buang waktu anda untuk melakukan spam di sini. Terima kasih..